Rabu, 04 April 2012

PROFI PENDIDIKAN


Pendidikan


   Lembaga Pendidikan yang tersedia Di Kelurahan palupi  saat ini hanyalah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah dasar (SD). Disamping Lembaga Pendidikan yang dikelola oleh Pemerintah juga ada TK dan SD yang merupakan upaya dari fihak swasta(yayasan).Sedangkan untuk sekolah setingkat SMP , SMU dan Perguruan Tinggi  warga palupi memanfaatkan Lembaga pendidikan yang ada Di Kota palu dan sekitarnya. 

             Prasarana Pendidikan formal
No
Nama Lembaga Pendidikan
Tahun Berdiri
Jumlah Guru
(Orang)
Jumlah Murid
(Orang)

1
2
3
4
5
6


TK Alkhairat
TK Nurul Ikhlas
M I Alkhairat
SDN  Palupi
SD Inpres Palupi
SD Islam Nurul Ikhlas

1990
2004
1957
1963
1997
2005

5
6
3
16
18
4
-

80
80
60
368
498
80
-
TOTAL

52
1166


       Disamping Lembaga Pendidikan Formal,  juga terdapat Lembaga Pendidikan Non Formal  yaitu Kelompok bermain dan Taman Pendidikan Al-Quran .






                                         Lembaga Pendidikan Non Formal
No
Nama Kelompok Bermain/Taman Pengajian
Lokasi
Jumlah Guru
(Orang)
Jumlah Santri
(Orang)

1
2
3
4
5
6
7

TPA  Al-Hidayah
TPA  Al-Muttaqien
TPA  Al-Ikhlas
TPA  AN-Nur
TPA  An-Nammirah
TPA  Al-Mukmin

RW 1
RW 6
RW 3
RW 2
RW 5
RW 7


3
2
     3
3
1
2
      2
-

20
26
37
30
28
29
35
-
TOTAL

16
205

  Tingginya tingkat kesadaran  terhadap pentingnya Pendidikan dalam era yang semakin Global dan kompetitif serta didukung kemampuan ekonomi yang memadai membuat Warga palupi berupaya untuk mencapai jenjang pendidikan  yang maksimal .Hal ini bukan hanya untuk Anak Usia sekolah tetapi juga para Orang tua utamanya dikalangan   Pegawai Negeri Sipil/Guru/Dosen .
                    Tingkat Pendidikan Masyarakat di Kel.Palupi
No
Data Pendidikan
JUMLAH
1
Belum Sekolah
   650
Orang
2
Sementara Sekolah
 2944
Orang
3
Tidak Pernah Sekolah
       1
Orang
4
Tidak Tamat SD
    19
Orang
5.
Tamat SD / Sederajat
    98
Orang
6
SLTP / Sederajat
  365
Orang
7
SLTA / Sederajat
3753
Orang
8
Diploma
  124
Orang
9
S-1
 1334
Orang
10
S-2
    35
Orang
11
S-3
     1
Orang




T O T A L
  9124
Orang

    Diantara Warga palupi ada juga yang tidak sempat mengecap bangku sekolah / tidak tamat SD/SR utamanya Orang Tua yang hidup pada masa masih terbatasnya fasilitas Pendidikan dan juga karena Faktor ekonomi  sehingga menjadikan mereka Buta Huruf/Aksara. Dari 16 Warga yang  Buta huruf/Aksara , 15 diamtaranya telah tersentuh oleh Program Pemerintah .
    Hampir Semua suku yang ada Di Indonesia terwakili oleh Warga Palupi sehingga dalam berinteraksi Masyarakat Palupi menggunakan Bahasa Indonesia , kecuali ketika terjadi Komunikasi sesama suku. Akan tetapi Bahasa kaili merupakan Bahasa yang paling sering terdengar dalam percakapan sehari-hari , karena bukan hanya terdengar dari Warga Palupi yang bersuku Kaili tetapi juga dari suku-suku lain yang berupaya untuk menguasai Bahasa Kaili yang memang mempunya daya tarik tersendiri disamping sebagai wujud penghargaan  terhadap suku yang lebih awal menetap .(Orang bijak mengatakan Dimana Bumi kita pijak disitu Langit kita junjung)



                          Jumlah Penduduk Berdasarkan Suku/Etnis
Etnis / Suku
Jumlah
Kaili

3469
Orang
Bugis

2313
Orang
Lainnya

3242
Orang
Total
  9124
Orang

    Kesenian yang dikenal Masyarakat Palupi adalah Tari Jepeng dan Rebana , yang biasanya dilakukan apabila ada pesta perkawinan atau peringatan Hari Besar Islam . Selain itu Warga Palupi  juga  mengenal  kesenian  Lalofe  yang  terbuat   dari Bamboo  dan biasa digunakan untuk upacara penyematan juga digunakan dalam proses penyembuhan yang diiringi dengan gendang .
   Olah Raga selain merupakan media pembentukan   Fisik yang sehat juga menjadi wadah pendidikan Mental dan moral generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet perjuangan bangsa. Olehnya Masyarakat Palupi sangat memperhatikan penyediaan fasilitas olah raga secara swadaya seperti lapangan  Bulutangkis , Tenis Meja, Volley dan Takraw dengan memanfaatkan Lokasi yang diberikan Pengembang.  Beberapa  Prestasi olah raga telah diukir oleh warga Kelurahan Palupi seperti sepakbola (PS Palupi Putra)  dalam berbagai turnamen termasuk Kompetisi Persipal , walaupun selama ini lapangan sepakbola yang digunakan untuk latihan sangat tidak layak . Melihat begitu mendesaknya  penyediaan lapangan sepakbola  maka pada bulan juli 2007 Pemerintah kelurahan Palupi bersama warga   memanfaatkan lokasi yang dipinjamkan oleh salah seorang warga untuk dijadikan lapangan sepakbola.   
                 Prasarana Olahraga
No
Prasarana Olahraga
Jumlah
(Unit)
Kondisi
1
2
3
4
5
Lapangan Sepak Bola
Lap.Bulutangkis terbuka
Gedung Bulutangkis
Lapangan Volley
Lapangan Takraw
1
7
2
3
3
Pembenahan
Baik
Baik
Baik
Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar