Rabu, 04 April 2012

PROFIL KESEHATAN


Kesehatan

   Visi dan misi kebijaksanaan dan strategi pembangunan Kesehatan Indonesia Sehat 2010 , telah mengalami reformasi total. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya tangkal dan juang pembangunan kesehatan , yang merupakan modal utama dari Pembangunan Nasional. Perubahan pemahaman akan konsep sehat dan sakit serta makin meningkatnya ilmu pengetahuan di bidang kesehatan yang lebih mengutamakan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif.
   Paradigma pembangunan kesehatan baru yaitu paradigma sehat yang merupakan upaya untuk lebih meningkatkan kesehatan Bangsa yang bersifat proaktif. Paradigma tersebut merupakan modal pembangunan kesehatan mereka sendiri. Hal ini tampak pada peningkatan kesadaran Masyarakat terhadap pelayanan kesehatan  yang bersifat promotif dan preventif.
   Dalam hal pelayanan Kesehatan, Kelurahan Palupi memiliki sarana kesehatan yaitu Puskesmas Pembantu (Pustu) yang merupakan bagian wilayah kerja Puskesmas Mabelopura dengan 3 (tiga) tenaga kesehatan terdiri dari 2 (dua) orang Bidan dan 1 (satu) orang Perawat , Poskesdes dengan 1 (satu) orang Bidan dan 2 (dua) orang Kader . Selain itu juga ada   Dokter praktek , Bidan Praktek , Biang terlatih, Toko obat, Posyandu serta pengobatan alternatif.






                    Prasarana Kesehatan
No
Prasarana Kesehatan
Jumlah
(Unit)
1
2
3
4
5
6
7
8
Puskesmas Pembantu
Dokter Praktek
Bidan Praktek
Biang Terlatih
Pengobatan Alternatif
Toko Obat
Posyandu
Poskesdes
1
5
2
1
1
1
4
1

   Gambaran kesehatan Warga Kelurahan palupi yang berkaitan denmgan  kesehatan Ibu dan Anak berdasarkan Hasil laporan Pengalaman Belajar Lapangan  (PBL) Mahasiswa Akademi Keperawatan Bala Keselamatan Palu Tahun Akademik 2005/2006 :
-      Ibu yang menggunakan alat Kontrasepsi 67,9 %
-      Ibu yg memeriksakan kehamilan Di Puskesmas 65,4 %
-      Ibu yg mendapatkan Suntikan TT 76,2 %
-      Ibu yg mendapat TTD 61,7 %
-      Bayi yg mendapatkan Imunisasi lengkap90,5 %
-      Bayi yg mendapatkan Kapsul Vit A 60,3 %.
-      Status Gizi baik Balita 83,33 %

Berbagai upaya untuk  memberikan pemahaman/sosialisasi kepada Warga tentang Penyakit DBD dan pentingnya Program 3 M (Menguras , Menutup  dan Menimbun) terus digalakkan namun , Satu hal yang menjadi kendala bagi warga masyarakat Kelurahan Palupi adalah kurang lancarnya masukan air dari PDAM sehingga upaya untuk menguras penampungan air secara berkala sesuai dengan petunjuk belum dapat dilaksanakan secara maksimal.
                   Jumlah Kasus DBD
Tahun
Jumlah Kasus
    Meninggal


2006

2007

2008

2009

              

                13

                 8

                12

                  26



-

-

-

-






PUSKESMAS PEMBANTU KELURAHAN PALUPI

(Pertambahan Penduduk, menuntut peningkatan fasilitas)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar